PERKEMBANGAN DAN POLA PIKIR MANUSIA YANG BERLANDASKAN PADA MITOS

Rasa ingin tahu manusia ternyata tidak dapat terpuaskan hanya atas dasar pengamatan maupun pengalamannya. Untuk memuaskan alam pikirannya, manusia mereka-reka sendiri jawabannya. Sebagai contoh:”Apakah pelangi itu”, karena tak dapat dijawab, mereka mereka-reka dengan jawban bahwa pelangi itu adalah selendang “Bidadari”. Jadi mucul pengetahuan baru yaitu “Bidadari”. Contoh lain “mengapa gunung meletus?, karena tak tahu jawabannya maka mereka direka-reka sendiri dengan jawaban “yang berkuasa dari guung itu sedang marah”. Maka, di sini muncul pengetahuan baru yang disebut “yang berkuasa”. Dengan menggunakan jalan pikiran yang sama muncullah anggapan adanya “yang berkuasa” di dalam hutan lebat, sungai yang besar, pohon yang besar, matahari, bulan atau adanya raksasa yang menelan bulan pada saat adanya gerhana bulan. Pengetahuan-pengetahuan baru yang bermunculan dan kepercayaan itu yang kita sebut dengan “mitos”. Adapun cerita yang berdasarkan pada mitos disebut “legenda”.

Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu, yang merupakan suatu ciri khas manusia Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda disekelilingnya, alam sekitarnya, bulan, bintang dan matahari yang dipandangnya,bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri.
Rasa ingin tahu semacam itu tidak dimiliki oleh makhluk lain. Jelas kiranya seperti batu,tanah,sungai atau angin. Air dan udara memang bergerak dari satu tempat ke tempat lain, namun gerakanya itu bukan atas kehendaknya sendiri tetapi sekedar akibat dari pengaruh alamnya yang bersifat kekal.


Untuk dapat mendownload materi kuliah IAD (Ilmu alamiah Dasar semester 3)seperti diatas dapat sobat download Disini

Catatan : Jangan Lupa Baca dan Klik Dibawah ini ya

Artikel Keren Lainnya



0 komentar:

Poskan Komentar

Template Design by SkinCorner
#anima_sudut { position:fixed;_position:relative;top:0px; left:0px; clip:inherit;
Hanya Dengan Membaca dapat Dollar Klik Disini